Laman

Friday, June 24, 2011

Offroad Trail Ramah lingkungan

Kegiatan off road adalah kegiatan petualangan yang menyenangkan karena bersentuhan langsung dengan alam. Alam yang indah dengan segala isinya seperti satwa liar menjadi daya tarik tersendiri bagi petualang alam bebas. Di negara-negara maju kegiatan off road (baik mobil maupun sepeda motor) ditekankan untuk turut serta menjaga kelestarian alam.

Jangan sampai kegiatan off road justru menimbulkan kerusakan alam atau menganggu keseimbangan ekosistem. Berikut ini adalah tips-tips ber-off road-ria dengan meminimalkan kerusakan atau gangguan terhadap alam;

Jangan buang sampah. Pastikan sebelum berangkat off road anda membawa kantong plastik untuk tempat sampah an organik (plastik, putung rokok, bungkus makanan, kaleng, tisu, dll). Ingat bahan-bahan dari plastik, logam dan gabus putung rokok sangat sulit didaur ulang oleh tanah secara alami. Butuhan ratusan tahun untuk menghancurkan plastik dan gabus secara alami.

Matikan api. Jika anda di hutan membuat api unggun, pastikan api telah mati dengan sempurna sebelum anda tinggalkan. Satu batang pohon bisa dibuat ribuan batang korek api, tetapi satu batang korek api bisa menghabiskan ribuan batang pohon dalam sekejab!

Jangan ganggu satwa liar. Hutan bukan hanya berisi pohon, namun juga aneka jenis satwa liar seperti burung dan bangsa monyet. Mereka telah bertahun-tahun hidup di hutan tersebut, jauh sebelum kita datang. Jangan berburu satwa, biarkan mereka berkembang dengan alami. Jika di tengah jalan yang akan anda lintasi ada satwa liar, beri kesempatan satwa tersebut lewat terlebih dahulu.

Bawa makanan yang cukup. Jika anda off road dalam waktu cukup lama pastikan anda membawa bahan makanan dengan cukup, sehingga anda tidak perlu “survival” dengan berburu satwa liar atau merusak alam secara berlebihan.

Bawa Kenangan. Jangan membawa tumbuhan atau satwa liar dari hutan, setelah off road cukup anda membawa kenangan indah, foto dan film.
Sumber :(http://indo-dirtbike.blogspot.com/)

No comments:

Post a Comment